Jumat, 11 Maret 2016

Artikel Teori Komputasi


Komputasi adalah suatu suatu cara untuk menyelesaikan masalah dari sebuah system atau data masukkan dengan menggunakan algoritma. komputasi secara umum diartikan sebagai ilmu untuk menyusun model matematika dan sebagai teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menyelesaikan masalah. Maka dari itu sebenarnya komputasi sebagai perpaduan antara ilmu matematika dan komputer. Biasanya dalam penggunaannya komputasi berupa penerapan simulasi computer atau ilmu kompter lainnya seperti mengkaji computer, pemrosesan informasi. Namun ilmu komputasi ini juga bias digunakan dengan untuk ilmu lain seperti ilmu alam, komputasi sains. Komputasi sains yaitu teknik penyelesaian masalah di bidang pengetahuan alam seperti fisika, kimia, biologi, matematika, ekonomi, dan geologi. Adapaun komputasi yang lebih baru dengan menggunakan computer sebagai penunjang dan pokok penyelesaian masalah, yaitu komputasi modern.

Komputasi modern adalah sebuah konsep system yang menerima intruksi lalu menyimpannya dalam sebuah memory computer. Karena kompuasi ini lebih condong menggunakan computer dan memorinya, maka disebut komputasi modern, tapi tetap ilmu matematika yang menjadi rumusan dalam komputasi modern ini. Cara kerja komputasi modern ini dengan menghitung dan mencari solusi dari masalah. Dalam perhitungannya ini meliputi beberapa tunjangan yaitu :

1.       Akurasi (big floating point)

2.       Kecepatan (satuan Hz)

3.       Problem Volume Besar (Down Sizzing atau parallel)

4.       Modelling (NN & GA)

5.       Kompleksitas ( Teori Big O)

Adapaun jenis – jenis dari komputasi modern yaitu :

1.       Mobile Computing (Komputasi Bergerak) merupakan komunikasi menggunakan jaringan tanpa perlu kabel, sehingga mudh dibawa kemanapun, namun berbeda dengan komputasi nirkabel.

2.       Grid Computing memanfaatkan kekuatan berbagai unit computer dan kekuatan proses menghitung pekerjaan.

3.       Cloud Computing komputasi dengan menggunakan penyimpana  abstraksi, atau di cloud (penyimpana ke server melalui jaringan internet).

TikaNesia - Jasa Pembuatan Website


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar