Jumat, 16 Oktober 2015

Artikel PT UNILEVER INDONESIA (Tugas Softskill 1)

PT Unilever Indonesia
           
Profil
Unilever Indonesia telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan untuk produk Home and Personal Care serta Foods & Ice Cream di Indonesia.
Rangkaian Produk Unilever Indonesia mencangkup brand-brand ternama yang disukai di dunia seperti Pepsodent, Lux, Lifebuoy, Dove, Sunsilk, Clear, Rexona, Vaseline, Rinso, Molto, Sunlight, Walls, Blue Band, Royco, Bango, dan lain-lain.
Selama ini, tujuan perusahaan kami tetap sama, dimana kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap hari; membuat pelanggan merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati kehidupan melalui brand dan jasa yang memberikan manfaat untuk mereka maupun orang lain; menginspirasi masyarakat untuk melakukan tindakan kecil setiap harinya yang bila digabungkan akan membuat perubahan besar bagi dunia; dan senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami untuk tumbuh sekaligus mengurangi dampak lingkungan.
Saham perseroan pertamakali ditawarkan kepada masyarakat pada tahun 1981 dan tercatat di Bursa Efek Indonesia seja 11 Januari 1982. Pada akhir tahun 2011, saham perseroan menempati peringkat keenam kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia.
Perseroan memiliki dua anak perusahaan : PT Anugrah Lever (dalam likuidasi), kepemilikan Perseroan sebesar 100% (sebelumnya adalah perusahaan patungan untuk pemasaran kecap) yang telah konsolidasi dan PT Technopia Lever, kepemilikan Perseroan sebesar 51%, bergerak di bidang distribusi ekspor, dan impor produk dengan merek Domestos Nomos.
Bagi Unilever, sumber daya manusia adalah pusat dari seluruh aktivitas perseroan. Kami memberikan prioritas pada mereka dalam pengembangan profesionalisme, keseimbangan kehidupan, dan kemampuan mereka untuk berkontribusi pada perusahaan. Terdapat lebih dari 6000 karyawan tersebar di seluruh nutrisi.
Perseroan mengelola dan mengembangkan bisnis perseroan secara bertanggung jawab dan berkesinambungan. Nilai-nilai dan standar yang Perseroan terapkan terangkum dalam Prinsip Bisnis Kami. Perseroan juga membagi standar dan nilai-nilai tersebut dengan mitra usaha termasuk para pemasok dan distributor kami.
Perseroan memiliki enam pabrik di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi, dan dua pabrik di Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, dengan kantor pusat di Jakarta. Produk-produk Perseroan berjumlah sekitar 43 brand utama dan 1,000 SKU, dipasarkan melalui jaringan yang melibatkan sekitar 500 distributor independen yang menjangkau ratusan ribu toko yang tersebar di seluruh Indoneisa. Produk-produk tersebut didistribusikan melalui pusat distribusi milik sendiri, gudang tambahan, depot dan fasilitas distribusi lainnya.
Sebagai perusahaan yang mempunyai tanggung jawab sosial, Unilever Indonesia menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang luas. Keempat pilar program kami adalah Lingkungan, Nutrisi, Higiene dan Pertanian Berkelanjutan. Program CSR termasuk antara lain kampanye Cuci Tangan dnegan Sabun (Lifebuoy), program Edukasi kesehatan Gigi dan Mulut (Pepsodent), program Pelestarian Makanan Tradisional (Bango) serta program Memerangi Kelaparan untuk membantu anak Indonesia yang kekurangan gizi (Blue Band).

Perkembangan
1920-30    Import oleh van den Bergh, Jurgen and Brothers
1933         Pabrik sabun – Zeepfabrieken NV Lever – Angke, Jakarta
1936         Produksi margarin dan minyak oleh Pabrik van den Bergh NV 
                  Angke, Jakarta
1941         Pabrik komestik – Colibri NV, Surabaya
1942-46    Kendali oleh unilever dihentikan  (Perang Dunia II)
1965-66    Di bawah kendali pemerintah
1967         Kendali usaha kembali ke Unilever
                   berdasarkan undang-undang penanaman modal asing
1981         Go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta
1982         Pembangunan pabrik Ellida Gibbs di Rungkut, Surabaya
1988         Pemindahan Pabrik Sabun Mandi dari Colibri ke Pabrik Rungkut, Surabaya
1990         Terjun di bisnis teh
1992         Membuka pabrik es krim
1995         Pembangunan pabrik deterjen dan makanan di Cikarang, Bekasi
1996-98    Penggabungan instalasi produksi – Cikarang, Rungkut
1999         Deterjen Cair NSD – Cikarang
2000         Terjun ke bisnis kecap
2001         Membuka pabrik teh – Cikarang
2002         Membuka pusat distribusi sentral Jakarta
2003         Terjun ke bisnis obat nyamuk bakar
2004         Terjun ke bisnis makanan ringan
2005         Membuka pabrik sampo cair – Cikarang
2008         Terjun ke bisnis minuman sari buah
2010         Perusahaan memasuki bisnis pemurnian air dengan meluncurkan Pureit
2011         Perusahaan mendirikan pabrik sabun mandi Dove di Surabaya
                  sekaligus memperluas pabrik es krim Wall’s dan Skin Care di Cikarang
Client

client dari perusahaan ini sangat banyak hamper semua shopping mart , supermarket, bahkan toko serta warung di Indonesia menggunakan produk dari unilever. Tak terkecuali salah satu supermarket terbesar di Indonesia yaitu PT Hero Supermarket Tbk. Perusahaan besar yang memiliki banyak group coorperation seperti Giant, Giant extra, dll. Perusahaan ini menyediakan banyak produk PT Unilever dari produk sabun, sampo, dll.

Senin, 15 Juni 2015

Dokumentasi Game Riversi : Schwarz vs Weiss


Pada Awal Game akan muncul tampilan awal game seperti dibawah, maka klik Game  di menu bar lalu pilih new game untuk memulai permainan.





















Untuk mengetahui cara bermain klik howto play pada menu bar game riversi lalu baca dengan seksama aturan bermain permainan riversi..
Setelah mengklik new game pada menu bar game, maka akan masuk dalam layar permainan riversi seperti dibawah ini :



 Penuhi bagan kotak – kotak pada layar permainan riversi dengan karakter yang anda pilih yaitu Schwarz atau Weiss. Jika anda menang maka akan muncul tampilan berikut :

 Jika anda kalah maka akan muncul tampilan berikut :
Dan jika anda seri  maka akan muncul tampilann berikut :

Kamis, 23 April 2015

Gane 3D pada Blender

Membuat Game 3D Menggunakan Blender

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat game menggunakan blender. Game yang akan dibuat bertemakan zombie mengejar player dihalangi oleh tembok. Player digambarkan sebagai objek cube mencari jalan untuk menghindar dari kejaran zombie berbentuk cube.

Penjelasan cara pembuatan game ini di fokuskan pada cara membuat player agar dapat di gerakkan menggunakan keyboard dan cara membuat zombie mengejar player dengan konsep AI.

Langkah pertama membuat objek player dan zombie lalu membuat arena permainan dimana player dapat bergerak dan zombie dapat mengejar player. Buat objek player dan objek zombie dari dua buah cube. Ubah nama kedua cube menjadi “Zombie” dan “Me”. Lalu buat arena permainannya dari sebuah plane yang di edit menggunakan ctrl+R dan ctrl+E untuk membuat tembok.



Selanjutnya membuat daerah yang dapat dilewati zombie untuk mengejar player. Caranya pertama pilih arenanya, lalu pada scene klik build navigation mesh. Selanjutnya kita atur agar zombie dapat bergerak mengikuti jalur pada navigation mesh. Pada tab physics pilih tipe nya dynamic dan cek collision bounds. Lalu seleksi zombie nya dan  pada logic editor add sensor always lalu add actuator steering. Pada actuator atur behavior nya menjadi path following, target nya Me dan navigation mesh nya Navmesh. Lalu hubungkan sensor dan actuatornya. Jika sudah berhasil ketika game dijalankan cube zombie aka nada garis merah yang akan selalu terhubung ke cube Me yang artinya zombie akan selalu mengejar player.




Langkah terakhir adalah membuat player agar dapat digerakkan menggunakan keyboard. Caranya seleksi cube player nya, lalu pada sensor buat 4 sensor keyboard dan atur tiap key nya menjadi tombola rah pada keyboard. Buat juga 4 actuator motion dan atur rotation nya agar cocok dengan keyboard yang berkaitan untuk menggerakkan objek. Terakhir hubungkan sensor dengan actuator nya.




Untuk menjalankan game klik start game angine pada menu game.


Selasa, 07 April 2015

Membahas Software Google Sketchup untuk Design Grafis dan pembahasan tugas softskill

Sketchup adalah sebuah model 3D program yang dirancang untuk arsitektur, sipil, dan insinyur mekanik serta pembuat film, game , dan profesi terkait. program ini sangat mudah sekali dalam penggunaannya, lebih gampang dibandingkan program 3D lainnya seperti 3DCad, 3DsMax, dsb.

-Sejarah Sketchup
SketchUp dikembangkan oleh perusahaan startup @ Software Terakhir, Boulder, Colorado yang bersama-didirikan pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch.
SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai alat konten 3D tujuan penciptaan umum, dengan "3D untuk Semua Orang" tagline dan merumuskan sebuah program perangkat lunak "yang akan memungkinkan para profesional desain untuk menggambar apa yang mereka ingin, pikirkan sesuai cara dan kebebasan dengan sebuah pena yang akan menyenangkan untuk digunakan.. Ia juga memiliki user friendly tombol untuk membuatnya lebih mudah untuk digunakan.
Program ini memenangkan Choice Award Masyarakat di tradeshow pertama pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal merupakan periode belajar lebih pendek dari alat 3D lainnya.
Google mengakuisisi Perangkat Lunak Terakhir pada tanggal 14 Maret 2006,,yaitu mengembangkan plugin untuk google earth.
    Pada tanggal 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, menampilkan alat-alat baru serta versi beta dari Google SketchUp Layout. Layout termasuk alat vektor 2D, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa melompat ke program presentasi pihak ketiga.
  Pada tanggal 9 Februari 2007, update pemeliharaan dirilis. Ini diperbaiki sejumlah bug, tetapi tidak membawa fitur baru.
Pada tanggal 17 Nopember 2008, SketchUp 7 dirilis, menampilkan-of-perbaikan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp Component Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2, komponen dinamis yang merespons dengan tepat untuk scaling dan meningkatkan kinerja Ruby API. 
Pada tanggal 1 September 2010, SketchUp 8 dirilis. Perbaikan meliputi model geolokasi dengan Google Maps, warna citra dan akurat medan lebih, cocok perbaikan foto.

Sumber : http://tutorialsketchuppro.blogspot.com/2010/12/apa-itu-google-sketchup.html

-Pembahasan Video Softskill
saya membuat video softskill tentang etika seorang anak pada orang tua dan kakanya atau anggota keluarganya. dalam video ini saya membuat adegan yang lokasinya dirumah saya, dengan ada 4 scene yaitu pertama seorang anak yg pulang kerumah namun ibu nya sedang solat dan ia terus mengetok pintu lalu marah-marah pada ibunya. kedua, terhadap kaka nya yang sedang ngaji ia malah mendengar musik dengan suara yang bising.ketiga, ketika bermain game dengan kakanya dan ia kalah malah marah pada kaka nya dan menyalahkan kaka nya. keempat, ketika ia disuruh untuk mengisi air minum oleh ibunya ia malah membentak dan menolak permintaan tolong ibunya.

Kamis, 03 Juli 2014

Hasil video menggunakan iMovie

Ini dia hasil akhir dari video yang telah diedit menggunakan aplikasi iMovie. 



Semoga bermanfaat!

Sabtu, 07 Juni 2014

How to Make Time Lapse in iMovie

1. Kali ini saya akan membahas cara mengedit Time Lapse pada aplikasi iMovie. iMovie adalah    aplikasi edit video dengan cara yang cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi iMovie lalu buat New Project untuk mengedit video yang ingin di edit dan berikan nama Project.


2. Langkah selanjutnya adalah meng-upload foto dari data komputer ke aplikasi iMovie. Caranya cukup mudah hanya dengan mem-blok semua foto yang akan di edit.



3. Lalu file dapat di drag langsung ke iMovie, tunggu sampai file ter-upload semua.


4.  Setelah file di upload, kita dapat megatur durasi tiap satu foto ke foto yang lain. Dengan cara mengisi waktu pada kolom durasi, kemudian klik done. 


5. Selesai, video yang anda edit telah dapat diputar. 

Mendeskripsikan Diri Sendiri dan Teman Sekelas, serta Hobi dan Aplikasi yang digunakan untuk Menciptakan Sebuah Karya

halo, nama saya Nadia Aprisilia. Teman-teman biasa memanggil saya nadia, nad, di, sebagian juga ada yang memanggil aya. Coba tebak, saya lahir dibulan apa? Yak betul! Saya lahir di bulan April, bisa dilihat sendiri dari nama belakang saya, he he =D. Tepatnya saya lahir 26 April 1995 di Jakarta. Saya besar di Jakarta, sekolah juga selalu di Jakarta. Dimulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Dan akhirnya sekarang saya melanjutkan kuliah di salah Universitas Swasta di kota Depok, Jawa Barat. Saya mengambil jurusan Teknik Informatika. Singkat cerita mengenai saya, hobi saya adalah mengedit foto dan video. Saya mulai memyukai mengedit foto dari SMA, tapi belakangan ini saya lebih sering mengedit video. Aplikasi yang saya gunakan adalah iMovie. Karena penggunaannya cukup mudah.

saya memiliki teman dekat di kelas, namanya Anisa Nasera. Teman teman dikelas memanggilnya shera, hanya saya yang memanggilnya icha (panggilan dia dirumah, hehe). Dia ini berasal dari Lombok, dia di depok ngekos sendiri. Awalnya saya tidak begitu dekat dengannya, tapi seiring berjalannya waktu kami semakin dekat karena memiliki banyak kesamaan. Dia juga hobi mengedit video seperti saya. Kami sering melakukan banyak hal bersama.