Kamis, 23 April 2015

Gane 3D pada Blender

Membuat Game 3D Menggunakan Blender

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat game menggunakan blender. Game yang akan dibuat bertemakan zombie mengejar player dihalangi oleh tembok. Player digambarkan sebagai objek cube mencari jalan untuk menghindar dari kejaran zombie berbentuk cube.

Penjelasan cara pembuatan game ini di fokuskan pada cara membuat player agar dapat di gerakkan menggunakan keyboard dan cara membuat zombie mengejar player dengan konsep AI.

Langkah pertama membuat objek player dan zombie lalu membuat arena permainan dimana player dapat bergerak dan zombie dapat mengejar player. Buat objek player dan objek zombie dari dua buah cube. Ubah nama kedua cube menjadi “Zombie” dan “Me”. Lalu buat arena permainannya dari sebuah plane yang di edit menggunakan ctrl+R dan ctrl+E untuk membuat tembok.



Selanjutnya membuat daerah yang dapat dilewati zombie untuk mengejar player. Caranya pertama pilih arenanya, lalu pada scene klik build navigation mesh. Selanjutnya kita atur agar zombie dapat bergerak mengikuti jalur pada navigation mesh. Pada tab physics pilih tipe nya dynamic dan cek collision bounds. Lalu seleksi zombie nya dan  pada logic editor add sensor always lalu add actuator steering. Pada actuator atur behavior nya menjadi path following, target nya Me dan navigation mesh nya Navmesh. Lalu hubungkan sensor dan actuatornya. Jika sudah berhasil ketika game dijalankan cube zombie aka nada garis merah yang akan selalu terhubung ke cube Me yang artinya zombie akan selalu mengejar player.




Langkah terakhir adalah membuat player agar dapat digerakkan menggunakan keyboard. Caranya seleksi cube player nya, lalu pada sensor buat 4 sensor keyboard dan atur tiap key nya menjadi tombola rah pada keyboard. Buat juga 4 actuator motion dan atur rotation nya agar cocok dengan keyboard yang berkaitan untuk menggerakkan objek. Terakhir hubungkan sensor dengan actuator nya.




Untuk menjalankan game klik start game angine pada menu game.


Selasa, 07 April 2015

Membahas Software Google Sketchup untuk Design Grafis dan pembahasan tugas softskill

Sketchup adalah sebuah model 3D program yang dirancang untuk arsitektur, sipil, dan insinyur mekanik serta pembuat film, game , dan profesi terkait. program ini sangat mudah sekali dalam penggunaannya, lebih gampang dibandingkan program 3D lainnya seperti 3DCad, 3DsMax, dsb.

-Sejarah Sketchup
SketchUp dikembangkan oleh perusahaan startup @ Software Terakhir, Boulder, Colorado yang bersama-didirikan pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch.
SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai alat konten 3D tujuan penciptaan umum, dengan "3D untuk Semua Orang" tagline dan merumuskan sebuah program perangkat lunak "yang akan memungkinkan para profesional desain untuk menggambar apa yang mereka ingin, pikirkan sesuai cara dan kebebasan dengan sebuah pena yang akan menyenangkan untuk digunakan.. Ia juga memiliki user friendly tombol untuk membuatnya lebih mudah untuk digunakan.
Program ini memenangkan Choice Award Masyarakat di tradeshow pertama pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal merupakan periode belajar lebih pendek dari alat 3D lainnya.
Google mengakuisisi Perangkat Lunak Terakhir pada tanggal 14 Maret 2006,,yaitu mengembangkan plugin untuk google earth.
    Pada tanggal 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, menampilkan alat-alat baru serta versi beta dari Google SketchUp Layout. Layout termasuk alat vektor 2D, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa melompat ke program presentasi pihak ketiga.
  Pada tanggal 9 Februari 2007, update pemeliharaan dirilis. Ini diperbaiki sejumlah bug, tetapi tidak membawa fitur baru.
Pada tanggal 17 Nopember 2008, SketchUp 7 dirilis, menampilkan-of-perbaikan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp Component Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2, komponen dinamis yang merespons dengan tepat untuk scaling dan meningkatkan kinerja Ruby API. 
Pada tanggal 1 September 2010, SketchUp 8 dirilis. Perbaikan meliputi model geolokasi dengan Google Maps, warna citra dan akurat medan lebih, cocok perbaikan foto.

Sumber : http://tutorialsketchuppro.blogspot.com/2010/12/apa-itu-google-sketchup.html

-Pembahasan Video Softskill
saya membuat video softskill tentang etika seorang anak pada orang tua dan kakanya atau anggota keluarganya. dalam video ini saya membuat adegan yang lokasinya dirumah saya, dengan ada 4 scene yaitu pertama seorang anak yg pulang kerumah namun ibu nya sedang solat dan ia terus mengetok pintu lalu marah-marah pada ibunya. kedua, terhadap kaka nya yang sedang ngaji ia malah mendengar musik dengan suara yang bising.ketiga, ketika bermain game dengan kakanya dan ia kalah malah marah pada kaka nya dan menyalahkan kaka nya. keempat, ketika ia disuruh untuk mengisi air minum oleh ibunya ia malah membentak dan menolak permintaan tolong ibunya.

Kamis, 03 Juli 2014

Hasil video menggunakan iMovie

Ini dia hasil akhir dari video yang telah diedit menggunakan aplikasi iMovie. 



Semoga bermanfaat!

Sabtu, 07 Juni 2014

How to Make Time Lapse in iMovie

1. Kali ini saya akan membahas cara mengedit Time Lapse pada aplikasi iMovie. iMovie adalah    aplikasi edit video dengan cara yang cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi iMovie lalu buat New Project untuk mengedit video yang ingin di edit dan berikan nama Project.


2. Langkah selanjutnya adalah meng-upload foto dari data komputer ke aplikasi iMovie. Caranya cukup mudah hanya dengan mem-blok semua foto yang akan di edit.



3. Lalu file dapat di drag langsung ke iMovie, tunggu sampai file ter-upload semua.


4.  Setelah file di upload, kita dapat megatur durasi tiap satu foto ke foto yang lain. Dengan cara mengisi waktu pada kolom durasi, kemudian klik done. 


5. Selesai, video yang anda edit telah dapat diputar. 

Mendeskripsikan Diri Sendiri dan Teman Sekelas, serta Hobi dan Aplikasi yang digunakan untuk Menciptakan Sebuah Karya

halo, nama saya Nadia Aprisilia. Teman-teman biasa memanggil saya nadia, nad, di, sebagian juga ada yang memanggil aya. Coba tebak, saya lahir dibulan apa? Yak betul! Saya lahir di bulan April, bisa dilihat sendiri dari nama belakang saya, he he =D. Tepatnya saya lahir 26 April 1995 di Jakarta. Saya besar di Jakarta, sekolah juga selalu di Jakarta. Dimulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Dan akhirnya sekarang saya melanjutkan kuliah di salah Universitas Swasta di kota Depok, Jawa Barat. Saya mengambil jurusan Teknik Informatika. Singkat cerita mengenai saya, hobi saya adalah mengedit foto dan video. Saya mulai memyukai mengedit foto dari SMA, tapi belakangan ini saya lebih sering mengedit video. Aplikasi yang saya gunakan adalah iMovie. Karena penggunaannya cukup mudah.

saya memiliki teman dekat di kelas, namanya Anisa Nasera. Teman teman dikelas memanggilnya shera, hanya saya yang memanggilnya icha (panggilan dia dirumah, hehe). Dia ini berasal dari Lombok, dia di depok ngekos sendiri. Awalnya saya tidak begitu dekat dengannya, tapi seiring berjalannya waktu kami semakin dekat karena memiliki banyak kesamaan. Dia juga hobi mengedit video seperti saya. Kami sering melakukan banyak hal bersama.

Senin, 31 Maret 2014

Web Science

what is WEB SCIENCE?







Definisi 


Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.


Sejarah 


Web science dipercaya banyak orang seperti pimpinan bisnis, pengusaha dan pembuat polis dari seluruh dunia. Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic WebOntologyWeb ServiceSocial SoftwareFolksonomies dan Peer-to-Peer.

Metodologi


Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.


Sumber:

Selasa, 11 Juni 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



Tanggung jawab merupakan suatu kesadaran manusia akan perilakunya yang disengaja ataupun tidak  disengaja. Tanggung jawab bisa juga di katakan sebagai kewajiban setiap makhluk yang hidup. Tanggung jawab merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan dan sudah ada porsinya masing-masing. Yang namanya kewajiban berarti mau tidak mau, suka tidak suka harus dijalankan. Jika tidak, maka kita sendiri yang akan rugi.

Sebagai contoh, kita seorang mahasiswa ataupun mahasiswi kewajiban kita adalah belajar. Jika kita telah menjalankannya berarti kita telah memenuhi tanggung jawab kita sebagai seorang mahasiswa ataupun mahasiswi. Sejauh mana tingkatan belajar kita, maka disitulah kadar pertanggung jawaban kita. Jika kita telah belajar dan memperoleh nilai B maka nilai B inilah yang dinamakan pertanggung jawaban kita selama proses belajar.

Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk yang bertanggung jawab penuh atas apa yang ia lakukan. Manusia memiliki tuntutan yang sangat besar untuk bertanggung jawab mengingat ia berperan penting dalam kehidupan sosial dan dalam interaksi sosial, serta dalam kontek individual. Manusia sebagai makhluk individual artinya manusia harus bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan bertanggung jawab terhadap Sang penciptanya. Tanggung jawab atas diri sendiri harus memiliki kesadaran tingkat tinggi. Tanggung jawab manusia terhadap dirinya juga muncul akibat adanya suatu nilai-nilai yang di yakini benar keadaannya.


Tanggung jawab manusia terhadap Tuhannya juga berdasarkan atas nilai-nilai yang di yakini manusia tadi. Dalam hal ini, manusia bertanggung jawab atas agama yang dianutnya. Sebagai seorang muslim misalnya, kita bertanggung jawab untuk melakukan kewajiban kita melakukan shalat lima waktu dalam sehari, berpuasa di bulan Ramadhan, berzakat, menunaikan ibadah shalat jumat bagi laki-laki, dan sebagainya. Contoh lain misalnya, umat kristiani wajib untuk mengikuti kebaktian pada hari minggu dan sebagainya. Begitupun dengan agama-agama yang lainnya yang memiliki tanggung jawabnya masing-masing terhadap agama yang diyakininya.

Penerapan tanggung jawab lainnya seperti tanggung jawab dalam konteks pergaulan. Dalam pergaulan kita harus berani. Maksutnya kita harus berani me ngambil resiko atas apa yang kita ucapkan. Berani pula untuk berkata yang sesungguhnya terhadap siapapun yang sedang berinteraksi dengan kita. Dengan rasa tanggung jawab inilah, orang yang kita ajak berinteraksi akan berusaha mempercayai kita. Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang rela berkorban demi orang-orang disekitarnya.

Menurut sifat dasarnya manusia adalah makhluk bermoral dan juga seorang pribadi yang baik. Karena itulah, manusia memiliki pendapatnya sendiri, perasaan serta angan-angan untuk berbuat dan bertidndak. Sebagai contoh lainnya adalah tanggung jawab terhadap keluarga. Keluarga merupakan masyarakat kecil yang selalu ada dalam lingkup kita. Setiap anggota keluarga wajib atas anggota keluarga lainnya. Ayah bertanggung jawab atas anak dan isterinya. Ibu bertanggung jawab atas suami dan mengurus anak-anaknya. Sedangkan anak-anaknya bertanggung jawab atas aturan-aturan yang telah dibuat di dalam keluarga tadi.

Contoh tanggung jawab lain terhadap lingkup yang lebih luas lagi adalah tanggung jawab terhadap Negara. Kita lahir dan besar di suatu Negara berarti Negara telah mencatat keberadaan kita. Sejak lahir itulah sudah banyak norma-norma yang melekat pada diri kita secara tidak tertulis namun nyata. Kita berhak atas pendidikan dan kehidupan yang layak. Maka kita juga bertanggung jawab atas pendidikan kita yaitu meraih belajar sungguh-sungguh dan meraih prestasi. Pada dasarnya manusia yang ada di suatu Negara bertanggung jawab atas norma-norma yang telah melekat pada dirinya.

Manusia sendiri dilahirkan ke bumi bukan tanpa peran. Setiap manusia memiliki perannya masing-masing. Manusia yang sadar akan tanggung jawabnya berarti ia telah tahu apa yang harus ia lakukan. Sadar artinya merasa tahu dan ingat akan suatu hal yang harus dijalankannya.

Oleh karena itu, setiap manusia harus memiliki kesadaran yang tinggi akan tanggung jawabnya. Karena apabila manusia tadi memiliki kesadaran yang tinggi, maka hidup terasa ringan tanpa tanggung jawab-tanggung jawab yang menumpuk dalam diri kita. Pertanggung jawaban tadi juga harus ada pengorbanannya untuk lolos dalam tanggung jawab kita serta abdikan tanggung jawab kita tadi terhadap diri sendiri, Tuhan, keluarga ataupun negaranya.



Tanggung jawab menurut kamus umum Bahasa Indonesia adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Sehingga bertanggung jawab menurut kamus umum bahasa Indonesia adalah berkewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. 


Makna dari tanggung jawab itu sendiri ialah siap menerima kewajiban atau tugas. Dalam artian disini bahwa ketika seseorang diberikan kewajiban atau tugas, seseorang tersebut akan menghadapi suatu pilihan yaitu menerima dan menghadapinya dengan dedikasi atau menunda dan mengabaikan tugas atau kewajiban tersebut.










MACAM-MACAM TANGGUNG JAWAB


Manusia itu berjuang adalah memenuhi keperluannya sendiri atau untuk keperluan pihak lain. Untuk itu ia menghadapi manusia lain dalam masyarakat atau menghadapi lingkungan alam. Dalam usahanya itu manusia juga menyadari bahwa ada kekuatan lain yang ikut menentukan, yaitu kekuasaan Tuhan. Dengan demikian tanggung jawab itu dapat dibedakan menurut keadaan manusia atau hubungan yang dibuatnya, atas dasar ini, lalu dikenal beberapa macam tanggung jawab, yaitu:



1. Tanggung jawab terhadap diri sendiri

Tanggung jawab terhadap diri sendiri menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri dalam mengembangkan kepribadian sebagai manusia pribadi. Dengan demikian bisa memecahkan masalah-masalah kemanusiaan mengenai dirinya sendiri menurut sifat dasarnya manusia adalah mahluk bermoral, tetapi manusia juga pribadi. Karena merupakan seorang pribadi maka manusia mempunyai pendapat sendiri, perasaan sendiri, berangan-angan sendiri. Sebagai perwujudan dari pendapat, perasaan dan angan-angan itu manusia berbuat dan bertindak. Dalam hal ini manusia tidak luput dari kesalahan, kekeliruan, baik yang sengaja maupun yang tidak.


2. Tanggung jawab terhadap keluarga

Keluarga merupakan masyarakat kecil. Keluarga terdiri dari suami, ister, ayah, ibu anak-anak, dan juga orang lain yang menjadi anggota keluarga. Tiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab kepada keluarga. Tanggung jawab ini menyangkut nama baik keluarga. Tetapi tanggung jawab juga merupakan kesejahteraan, keselamatan dan kehidupan.


3. Tanggung jawab terhadap masyarakat

Pada hakekatnya manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan manusia lain, sesuai dengan kedudukannya sebagai mahluk sosial. Karena membutuhkan manusia lain maka ia harus berkomunikasi dengan manusia lain. Sehingga dengan demikian manusia disini merupakan anggota masyarakat yang tentunya mempunyai tanggung jawab seperti anggota masyarakat yang lain agar dapat melangsungkan hidupnya dalam masyarakat tersebut. Wajarlah apabila segala tingkah laku dan perbuatannya harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.


4. Tanggung jawab kepada Bangsa / Negara
Suatu kenyataan lagi, bahwa tiap manusia, tiap individu adalah warga negara suatu negara. Dalam berpikir, berbuat, bertindak, bertingkah laku manusia tidak dapat berbuat semaunya sendiri. Bila perbuatan itu salah, maka ia harus bertanggung jawab kepada negara


5. Tanggung jawab terhadap Tuhan

Tuhan menciptakan manusia di bumi ini bukanlah tanpa tanggung jawab, melainkan untuk mengasah kehidupannya manusia mempunyai tanggung jawab langsung terhadap Tuhan. Sehingga tindakan manusia tidak bisa lepas dari hukum-hukum Tuhan yang dituangkan dalam berbagai kitab suci melalui berbagai macam agama. Pelanggaran dari hukum-hukum tersebut akan segera diperingatkan oleh Tuhan dan juga dengan peringatan yang keras pun manusia masih juga tidak menghiraukan maka Tuhan akan melakukan kutukan. Sebab dengan mengabaikan perintah-perintah Tuhan berarti mereka meninggalkan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan manusia terhadap Tuhan sebagai penciptanya, bahkan untuk memenuhi tanggung jawab, manusia perlu pengorbanan.




sumber  :

http://nak-baliparadise.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-tanggung-jawab.html
http://sosbud.kompasiana.com/2012/05/05/tanggung-jawab-manusia-dan-sekitarnya-455118.html