Senin, 15 Juni 2015

Dokumentasi Game Riversi : Schwarz vs Weiss


Pada Awal Game akan muncul tampilan awal game seperti dibawah, maka klik Game  di menu bar lalu pilih new game untuk memulai permainan.





















Untuk mengetahui cara bermain klik howto play pada menu bar game riversi lalu baca dengan seksama aturan bermain permainan riversi..
Setelah mengklik new game pada menu bar game, maka akan masuk dalam layar permainan riversi seperti dibawah ini :



 Penuhi bagan kotak – kotak pada layar permainan riversi dengan karakter yang anda pilih yaitu Schwarz atau Weiss. Jika anda menang maka akan muncul tampilan berikut :

 Jika anda kalah maka akan muncul tampilan berikut :
Dan jika anda seri  maka akan muncul tampilann berikut :

Kamis, 23 April 2015

Gane 3D pada Blender

Membuat Game 3D Menggunakan Blender

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara membuat game menggunakan blender. Game yang akan dibuat bertemakan zombie mengejar player dihalangi oleh tembok. Player digambarkan sebagai objek cube mencari jalan untuk menghindar dari kejaran zombie berbentuk cube.

Penjelasan cara pembuatan game ini di fokuskan pada cara membuat player agar dapat di gerakkan menggunakan keyboard dan cara membuat zombie mengejar player dengan konsep AI.

Langkah pertama membuat objek player dan zombie lalu membuat arena permainan dimana player dapat bergerak dan zombie dapat mengejar player. Buat objek player dan objek zombie dari dua buah cube. Ubah nama kedua cube menjadi “Zombie” dan “Me”. Lalu buat arena permainannya dari sebuah plane yang di edit menggunakan ctrl+R dan ctrl+E untuk membuat tembok.



Selanjutnya membuat daerah yang dapat dilewati zombie untuk mengejar player. Caranya pertama pilih arenanya, lalu pada scene klik build navigation mesh. Selanjutnya kita atur agar zombie dapat bergerak mengikuti jalur pada navigation mesh. Pada tab physics pilih tipe nya dynamic dan cek collision bounds. Lalu seleksi zombie nya dan  pada logic editor add sensor always lalu add actuator steering. Pada actuator atur behavior nya menjadi path following, target nya Me dan navigation mesh nya Navmesh. Lalu hubungkan sensor dan actuatornya. Jika sudah berhasil ketika game dijalankan cube zombie aka nada garis merah yang akan selalu terhubung ke cube Me yang artinya zombie akan selalu mengejar player.




Langkah terakhir adalah membuat player agar dapat digerakkan menggunakan keyboard. Caranya seleksi cube player nya, lalu pada sensor buat 4 sensor keyboard dan atur tiap key nya menjadi tombola rah pada keyboard. Buat juga 4 actuator motion dan atur rotation nya agar cocok dengan keyboard yang berkaitan untuk menggerakkan objek. Terakhir hubungkan sensor dengan actuator nya.




Untuk menjalankan game klik start game angine pada menu game.


Selasa, 07 April 2015

Membahas Software Google Sketchup untuk Design Grafis dan pembahasan tugas softskill

Sketchup adalah sebuah model 3D program yang dirancang untuk arsitektur, sipil, dan insinyur mekanik serta pembuat film, game , dan profesi terkait. program ini sangat mudah sekali dalam penggunaannya, lebih gampang dibandingkan program 3D lainnya seperti 3DCad, 3DsMax, dsb.

-Sejarah Sketchup
SketchUp dikembangkan oleh perusahaan startup @ Software Terakhir, Boulder, Colorado yang bersama-didirikan pada tahun 1999 oleh Brad Schell dan Joe Esch.
SketchUp pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai alat konten 3D tujuan penciptaan umum, dengan "3D untuk Semua Orang" tagline dan merumuskan sebuah program perangkat lunak "yang akan memungkinkan para profesional desain untuk menggambar apa yang mereka ingin, pikirkan sesuai cara dan kebebasan dengan sebuah pena yang akan menyenangkan untuk digunakan.. Ia juga memiliki user friendly tombol untuk membuatnya lebih mudah untuk digunakan.
Program ini memenangkan Choice Award Masyarakat di tradeshow pertama pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal merupakan periode belajar lebih pendek dari alat 3D lainnya.
Google mengakuisisi Perangkat Lunak Terakhir pada tanggal 14 Maret 2006,,yaitu mengembangkan plugin untuk google earth.
    Pada tanggal 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, menampilkan alat-alat baru serta versi beta dari Google SketchUp Layout. Layout termasuk alat vektor 2D, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi para profesional untuk membuat presentasi tanpa melompat ke program presentasi pihak ketiga.
  Pada tanggal 9 Februari 2007, update pemeliharaan dirilis. Ini diperbaiki sejumlah bug, tetapi tidak membawa fitur baru.
Pada tanggal 17 Nopember 2008, SketchUp 7 dirilis, menampilkan-of-perbaikan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp Component Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2, komponen dinamis yang merespons dengan tepat untuk scaling dan meningkatkan kinerja Ruby API. 
Pada tanggal 1 September 2010, SketchUp 8 dirilis. Perbaikan meliputi model geolokasi dengan Google Maps, warna citra dan akurat medan lebih, cocok perbaikan foto.

Sumber : http://tutorialsketchuppro.blogspot.com/2010/12/apa-itu-google-sketchup.html

-Pembahasan Video Softskill
saya membuat video softskill tentang etika seorang anak pada orang tua dan kakanya atau anggota keluarganya. dalam video ini saya membuat adegan yang lokasinya dirumah saya, dengan ada 4 scene yaitu pertama seorang anak yg pulang kerumah namun ibu nya sedang solat dan ia terus mengetok pintu lalu marah-marah pada ibunya. kedua, terhadap kaka nya yang sedang ngaji ia malah mendengar musik dengan suara yang bising.ketiga, ketika bermain game dengan kakanya dan ia kalah malah marah pada kaka nya dan menyalahkan kaka nya. keempat, ketika ia disuruh untuk mengisi air minum oleh ibunya ia malah membentak dan menolak permintaan tolong ibunya.

Kamis, 03 Juli 2014

Hasil video menggunakan iMovie

Ini dia hasil akhir dari video yang telah diedit menggunakan aplikasi iMovie. 



Semoga bermanfaat!

Sabtu, 07 Juni 2014

How to Make Time Lapse in iMovie

1. Kali ini saya akan membahas cara mengedit Time Lapse pada aplikasi iMovie. iMovie adalah    aplikasi edit video dengan cara yang cukup sederhana. Pertama, buka aplikasi iMovie lalu buat New Project untuk mengedit video yang ingin di edit dan berikan nama Project.


2. Langkah selanjutnya adalah meng-upload foto dari data komputer ke aplikasi iMovie. Caranya cukup mudah hanya dengan mem-blok semua foto yang akan di edit.



3. Lalu file dapat di drag langsung ke iMovie, tunggu sampai file ter-upload semua.


4.  Setelah file di upload, kita dapat megatur durasi tiap satu foto ke foto yang lain. Dengan cara mengisi waktu pada kolom durasi, kemudian klik done. 


5. Selesai, video yang anda edit telah dapat diputar. 

Mendeskripsikan Diri Sendiri dan Teman Sekelas, serta Hobi dan Aplikasi yang digunakan untuk Menciptakan Sebuah Karya

halo, nama saya Nadia Aprisilia. Teman-teman biasa memanggil saya nadia, nad, di, sebagian juga ada yang memanggil aya. Coba tebak, saya lahir dibulan apa? Yak betul! Saya lahir di bulan April, bisa dilihat sendiri dari nama belakang saya, he he =D. Tepatnya saya lahir 26 April 1995 di Jakarta. Saya besar di Jakarta, sekolah juga selalu di Jakarta. Dimulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Dan akhirnya sekarang saya melanjutkan kuliah di salah Universitas Swasta di kota Depok, Jawa Barat. Saya mengambil jurusan Teknik Informatika. Singkat cerita mengenai saya, hobi saya adalah mengedit foto dan video. Saya mulai memyukai mengedit foto dari SMA, tapi belakangan ini saya lebih sering mengedit video. Aplikasi yang saya gunakan adalah iMovie. Karena penggunaannya cukup mudah.

saya memiliki teman dekat di kelas, namanya Anisa Nasera. Teman teman dikelas memanggilnya shera, hanya saya yang memanggilnya icha (panggilan dia dirumah, hehe). Dia ini berasal dari Lombok, dia di depok ngekos sendiri. Awalnya saya tidak begitu dekat dengannya, tapi seiring berjalannya waktu kami semakin dekat karena memiliki banyak kesamaan. Dia juga hobi mengedit video seperti saya. Kami sering melakukan banyak hal bersama.

Senin, 31 Maret 2014

Web Science

what is WEB SCIENCE?







Definisi 


Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.


Sejarah 


Web science dipercaya banyak orang seperti pimpinan bisnis, pengusaha dan pembuat polis dari seluruh dunia. Kelahiran Web Science didorong oleh pergerakan generasi Web dari Web 1.0 ke Web 3.0. Sejak diperkenalkan Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee, perkembangan yang terjadi luar biasa. Perbedaan utama dari setiap generasi adalah pada Web 1.0 masih bersifat read-only, pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write,sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic WebOntologyWeb ServiceSocial SoftwareFolksonomies dan Peer-to-Peer.

Metodologi


Web Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa yang dapat dilakukan.
Berbagai penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004] menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang industri maupun peneliti akademisi.


Sumber: